Jaringan Komputer 1
CHAPTER 2
Routing yang umum digunakan adalah RIP, OSPF dan BGP. RIP dan OSPF
dikategorikan sebagai interior gateway routing protocol (IGP) sedangkan BGP atau
bordeway routing protocol termasuk kategori external routing protocol.
IGP menangani routing jaringan internal pada sebuah AS sedangkan EGP antar AS
Karakteristik RIP
mendukung jaringan Point to point, point to multipoint dan jaringan multiakses.
Kelebihn utama dari OSPF adalah dapat dengan cepat mendeteksi perubahan yang
terjadi dijaringan dan menjadikan routing kembali konvergen dalam waktu singkat
dengan sedikit pertukaran data, lambat mengetahui perubahan jaringan dan
menggunakan metrik tunggal.
RIP adalah protocol yang menggunakan algoritma distance vector, kelemahan
algoritma distance vector adalah lambat dalam mengetahui perubahan jaringan dan
dapat menimbulkan routing loop, routing loop adalah suatu kondisi ketika kedua
router bertetangga saling mengira bahwa untuk mencapai suatu alamat, datagram
seharusnya dilewatkan ke router tetangganya tersebut.
RIP v 1, Setiap host yang menjalankan RIP v1 ini, memiliki tabel routing yang
setidaknya berisi : IP Address tujuan, metrik yang menunjukkan biaya total tujuan, ip
address router yang akan dilalui, suatu tanda perubahan route.
Kelebihan RIPv2 adalah tag untuk rute eksternal, subnet mask, alamat hop berikutnya
dan authentikasi, mendukung VLSM
OSPF
Protocol ini termasuk dalam link-state protocol, kelebihan utama dari protocol ini
adalah dapat dengan cepat mendeteksi perubahan dan mejadikan routing kembali
konvergen dalam waktu singkat dengan sedikit pertukaran data.
Routing ini membentuk peta jaringan dalam tiga tahap, tahap pertama setiap router
mengenali seluruh tetangganya, lalu router saling bertukar informasi dan router akan
menghitung jarak terpendek ke setiap tujuan. Peta jaringanya akan disimpan dalam
basis data sebagai hasil dari pertukaran informasi antar router
OSPF dapat menangani routing jaringan TCP/IP yang besar dan membuat hirarki
routing dengan membagi jaringan menjadi beberapa area. Setiap paket yang dikirim
dapat dibungkus dengan authentikasi, namun protocol ini membutuhkan kemampuan
CPU dan memori yang besar
Proses dasar routing OSPF adalah menghidupkan adjency, proses flooding, dan
perhitungan table routing. Router-router mengirimkan paket hello ke seluruh jaringan
yang terhubung secara periodic, jika paket tidak terdengar maka jaringan dianggap
down, defaultya mengirimkan 4 kali paket hello
Jaringan Komputer 2
Router-router selalu berusaha adjacent dengan router tetangganya berdasarkan paket
hello yang diterima. Dalam jaringan multi access, router memilih Designated Router
(DR) dan Backup Designated Router (BDR) dan mencoba adjacent dengan kedua
router tersebut.
Ket :
Misalkan jaringan baru terkoneksi, maka router A akan membroadcast paket hello ke
semua int dengan memberikan informasi tentang router A, dan begitu juga sebaliknya
A akan mengetahui informasi tentang tetangganya berdasarkan informasi yang
diterima dan mengetahui berapa biaya untuk mencapai router lain. Data-data ini
disimpan dalam basis data
Setelah itu setiap router mengirimkan basis data tersebut dalam satu paket LSA
(link state advertisement), dan router yang menerima LSA harus mengirimkan ke
semua router yang terhubung dengannya.
Karena router B telah menerima paket LSA dari router A maka jika LSA yang
dikirimkan C sama dengan yang ada pada basis data B atau bukan yang baru, maka
paket LSA dari C akan di drop.
Antara router satu dengan yang lain akan mengirmkan paket hello dengan interval
tertentu misalnya 120 detik , jika tidak terdapat hello paket dari jaringan yang
terkoneksi dengannya atau tidak mendapat balasan maka jaringan tersebut diangap
down. Maka jika terjadi NT down maka paket LSA akan disebarkan ke semua
jaringan dengan menggunakan floading dan akan menyebabkan basis data LSA
berubah untuk mencari jalan yang terbaik dalam paket data
Router ID
Router ID didapatkan dari IP address tertinggi yang dimiliki semua interface router,
apabila router mempunyai interfaces loopback maka yang digunakan adalah IP
address tertinggi dari interface loopback tersebut
L1 = 10.10.10.1 / 24
F0 s0 = 202.180.70.30 / 24
A
B
C
Jaringan Komputer 3
Router id router diatas adalah 10.10.10.1 (L 1), apabila tidak memiliki int loopback
maka yang menjadi router Id adalah 202.180.70.30 (S 0), router id akan diambil dari
int yang di UP sebelum proses OSPF dimulai
Router ID digunakan dalam proses penentuan DR/BDR yang dalam pembentukan
hubungan bi-directional
Tahapan dalam membentuk adjacency
Pada saat baru pertama ON, router OSPF tidak tahu apapun tentang tetangganya,
router akan mulai mengirimkan paket Hello ke seluruh interface jaringan untuk
memperkenalkan dirinya. Jika router yang baru ON ini menerima paket hello yang
menyimpan informasi tentang dirinya maka router ini dapat saling berhubungan dua
arah dengan router pengirim hello,
Default nilai hello pada broadcast multi-access adalah 10 detik dan 40 detik jika tidak
ada respon akan mati, dan pada NBMA hello 30 detik dan akan mati pada 120 detik
jika tidak terdapat respon
1. down : router tidak dapat hello packet dari router manapun
2. attempt : router mengirimkan hello packet tetapi belum mendapat respon,
hanya ada pada tipe NT non broadcast multi-access (NBMA) dan tidak ada
respon dari router lain.
3. Init : router mendapatkan hello packet dari router lain, tetapi belum terbentuk
hubungan yang bidirectional (2 way)
4. 2 way : pada tahap ini hubungan antar router sudah bi-directional, untuk NT
broadcast DR & BDR nya akan melanjutkan ke tahap full, router non DR &
BDR akan melanjutkan Full hanya dengan DR & BDR saja
5. Exstart : terjadi pemilihan Master dan Slave, master adalah router yang
memiliki router id tertinggi
6. exchange : terjadi pertukaran Database Descriptor (DBD) paket DBD ini
digambarkan dari topologi DB router, proses dimulai oleh master
7. loading : router akan memeriksa DBD dari router lain dan apabila ada entry
yang tidak diketahui maka router akan mengira link state request (LSR) ,
LSR akan dibales dengan link state state ACK dan link state reply, diakhir
tahap ini semua router yang di adjacent memiliki topologi DB yang sama
8. Full : masing-masing router sudah membentuk hubungan yang adjancent.
Pemilihan DR & BDR
Dalam jaringan multi akses router-router akan memilih DR (designated router) dan
BDR(Backup designated router) dan berusaha adjencent dengan kedua router
tersebut.
Pemilihan terhadap tipe network multi access (broadcast & non broadcast)
Pemilihan dilakukan berdasarkan nilai ;
Router Priority
Router ID
Jaringan Komputer 4
Router priority diset per interface nilainya 0-255
Router (config-if)# IP OSPF priority [0-255]
Router mempunyai priority 0 tidak akan menjadi DR/BDR, statusnya DROTHER,
semakin besar priority semakin besar kemungkinan dipilih menjadi BR (Priority
paling tinggi) dan BDR (kedua paling tinggi / slave)
Setting nya oleh administratornya, sesuai yang mana dulu routernya UP
By default nilai router priority untuk semua router adalah ;
Apabila priority router sama maka yang digunakan untuk menentukan
DR/BDR adalah Router ID
Pada tiap NT non broadcast (ex : Frame Relay) router yang menjadi DR
adalah router yang memiliki link ke semua router yang lain (mutipoint)
Jika terjadi DR & BDR mati maka router-router akan mengadakan pemilihan untuk
menggantikan router yang mati tersebut.
Proses floading adalah router dengan paket LSA harus meneruskan paket ke semua
jaringan, dan memasukkan informasi LSA dalam databasenya , jika paket data yang
diterima tidak baru maka akan di drop, disebut floading karena seolah-olah
membanjiri jaringan dengan LSA (link state advertisement)
Setiap kali BD linkstate router berubah, router kembali perlu menghitung rute terbaik
dan membentuk table routing terbaru, dengan biaya terendah dan shortest path
terpendek
Router (config) #router OSPF 1
Router (Config-router) # default-information originate hanya untuk default router
Perintah redistribute static metric 100 – semua static routing akan diredistribusikan
Perintah-perintah OSPF
Router(config)#router OSPF [process id]
Router(config-router)#network network id wildcard mask area number
Router(config-if)#ip OSPF priority [0-255] bandwidth link
Router(config-if)#IP OSPF cost [1-65535]
Rouer(config-if)##bandwidth [1-10.000.000] –> kbps
Router ID karena loopback
DR
Priority = 5
F1 DR
192.168.70.1/24
L1
192,168.80.1 / 24
192,168,90.2
192.168.90.3
F0
Priority = 0
L1 223.70.80.1
S1
F0
Priority = 1
Jaringan Komputer 5
Authentikasi
MD5 : suatu teknik enkapsulation enkripsi password
Setting :
router (config-if)#ip ospf authentication-key password (yang dipasang pada INT)
Router(config-router)# area nomer area authentication
Hello interval dan dead interval (sebanyak 4 x) adalah waktu apabila router mendapat
hello packet dari neigbour dan setelah waktu habis berati NT tersebut down dan tidak
akan dihibungi
Contoh update jika NT down
224.0.0.6 DR & BDR
224.0.05 DR ke non DR
224.0.0.5
DR 224.0.0.6
S0
BDR
A
Jaringan Komputer 6
Chapter 3
IGRP & EIGRP
Perbedaannya :
01. Compatible mode
o IGRP Kompatibel 100 % dengan IGRP
o Antara router-router yang menjalankan EIGRP & IGRP dengan
autonomous system yang sama akan langsung otomatis terdistribusi
02. Metric calculation
o Metric IGRP : k1 * bandwidth / 256 – load + k3 * delay * k5 / reliability + k4
Nilai : K1, k3 = 1, nilai k2,k4,k5 = 0
o Metric IGRP = K1 * bandwidth + k3 + delay
o Bandwidth = 10 7 / bandwidth link * 256
o Delay = delay / 10 * 256
o Dikarenakan matric IGRP = 24 bit. Metric EIGRP = 32bit
03. Hop count
o IGRP support = 255 hop count (MAX)
o EIGRP support = 224 hop count (max)
04. autonomous Protocol redistribution
05. route tagging
o EIGRP akan memberi taging external route untuk setiap route yang berasal
dari ;
Routing protocol non eigrp
Routing protocol IGRP dengan AS number yang sama
EIGRP konsep
EIGRP memiliki 3 table untuk proses kerjanya
01. Topologi table
Merupakan table yang berisi informasi mengenai suatu route lengkap
dengan metric
Topologi table ini dibangun berdasarkan informasi dari route tetangga
Informasi yang ada di topologi table :
1. Feasible distance : metric terbaik untuk ke suatu NT hasil
perhitungan router
2. Reporteg distance : metic ke suatu NT hasil permberitahuan
router tatangganya
3. Router source : informasi mengenai sumbr route berasal dari
router mana
4. Interface information : informasi mengenai interface suatu route
berasal
5. Router status : ada 2 : passice : route bisa dipakai dan
operasional dan active : route sedang diproses oleh EIGRP
02. neigbour table : berisikan informasi mengenai router-router neighbour EIGRP dan
identik dengan adjencency database OSPF
03. routing table : succesors : router yang dipakai untuk menuju ke suatu NT
Jaringan Komputer 7
pada saat Hello protocol ke NT lain maka ;
01. neighbour discovery & recovery : mengirim topology table ke neighbour baru
02. reliable transport protocol : TCPnya EIGRP dan memastikan agar packet yang
dikirm selalu diterima oleh router lain
03. dual finite-state-algorithm : difussing update algoritma, merupakan algoritma
untuk menentukan route terbaik (successor) dan bekerja berdasarkan informasi
dari topologi table dan neighbour table
04. protocol dependent modules : protocol yang membuat EIGRP bisa support
terhadap multiple NT layer protocol e : ex : untuk IP, IPX dan appletalk
EIGRP packet Type :
01. hello : untuk maintenance, mencari neigbour router
02. acknowledgment : hello packet yang data fieldnya 0
03. update : paket yang digunakan untuk memberikan perubahan NT
04. Query : paket yang dikirm oleh router untuk meminta informasi ke routerlain
mengenai suatu route / NT
05. reply : balasan dari query packet
ex :
Jaringan Komputer 8
Topologi table
Router D FD RD
NT A 2
Via B 2 1 (successor)
Via C 5 3
Router C FD RD
NT A 3
Via B 3 1 (successor)
Via D 4 2 (feasible successor)
Via E 4 3
Router E FD RD
NT A 3
Via D 3 2 (sucssessor)
Via C 4 3 ngak bisa karena sama
Note : Feasible distance (FR) dan Reported distance (RD)
FR : kalkulasi matrik yang paling terpendek ke tujuan
RD : laporan Path tujuan yang spesifik oleh adjacent neighbor
Tata cara pemilihan FD, router tersebut harus memiliki RD yang lebih kecil dari FD
yang ada sekarang.
NT A
1
C
D
C
B
A
1
1
2
2
1
Jaringan Komputer 9
Config EIGRP
Router (config) #router EIGP [AS number]
Router(config-router)#network network id [wild card]
Manual summarization
Yang dipasang pada tiap interface
(config-if) #ip summary-address EIGRP [AS number] network id subnet mask AD
Admnistrative distances [optional 5]
Jaringan Komputer 10
Chapter 4
Switching Concepts
Teknologi Ethernet yang saat ini banyak digunakan, ada teknologi thick dan thin
Ethernet. Dengan menggunakan collision, layer 2 lebih pintar dari layer 1 dimana
dapat meforwarding decisions based pada Media Access Control (MAC) addresses.
bridge berada pada layer 2 yang berfungsi untuk membagi-bagi persegment pada
network. Begitu juga dengan switch yang berada pada layer 2, cara kerjanya mirip
dengan bridge namun memiliki banyak port (multiport bridge).
Kelemahan perangkat pada layer 2 ini adalah melakukan forward frame secara
broadcase ke semua device NT, dimana jika terjadi baanyak broadcast pada NT maka
akan terjadi sluggish pada waktu respon
Saat ini LAN menggunakan kombinasi perangkat pada Layer 1, 2 dan 3 yang
disesuaikan dengan kebutuhan dari perusahaan tersebut
Mengapa perlu Segmentasi, karena untuk membagi kebagian kecil dari jaringan yang
disebut sebagai segment. Segmentasi mengikuti congestion NT untuk dapat secara
signifikan mengurangi banyak segment, disaat transmisi data antar segment, device
pada satu segment akan membagi total bandwidth yang ada. Segmentasi dapat
dilakukan dengan menggunakan Bridge, Router dan Switch
Switch menggunakan cara collision domain yang tergantung dari jumlah port, dimana
1 port ada 1 collission domain, sedangkan akan ada 1 broadcast domain jika tidak
menggunakan fungsi VLAN
Perangkat router : 1 port 1 collision domain
Perangkat hub menggunakan sistem Half duplex sedangkan switch menggunakan
mekanisme full duplex
LAN Switching
Ada 2 klasifikasi pada alokasi badwidth di switch port yaitu as symmetric or
asymmetric based. Asymmetric switch membuat koneksi antara port dengan
bandwidth yang sama. Switching Asymmetric memungkinkan bandwidth untuk
terhubung dedicated ke server port switch untuk mencegah terjadinya bottleneck.
Metode switching ini memerlukan memory buffering, diperlukan buffer untuk
menjaga agar tetap kesinambungan frames diantara perbedaan data rate pada ports.
VLAN
Teknologi VLAN adalah suatu cara yang memisahkan segmen-segmen pada switch
dimana antara 1 segmen dengan segmen lain tidaj dapat terkoneksi, koneksi dapat
dilakukan dengan menggunakan router. dalam satu switch akan berbeda network
idnya dan berbeda broadcast domainnya. VLAN dijalankan berdasarkan software
pada Switch, misalnya ;
Jaringan Komputer 11
Broadcast domain &
collision domain
Broadcast domain
Broadcast domain
Broadcast domain &
collision domain
Collision
domain
Collision
domain
Collision
domain
VLAN 1 VLAN 2
LAN Segmentation
Cara kerja Switch
MAC Port
AA 1
BB 1
CC 2
1 2 3 4 5
A B
C D
AA BB
AA BB
Jaringan Komputer 12
Metode Switching
Cut Through = pada metode ini frame diperiksa sampai field destination, fragmen
free = frame diperiksa sampai 64 byte pertama, collision bisa menjadi pada 64
bytes oertama
Store & Forward = frame disimpan terlebih dahulu, dicek nilai FCS (Frame
check) nya baru di forward, apabila framenya tidak rusak
Adaptive Cut Through = gabungan dari cut thorough dengan store n forwarf,
apabila dirasa ada error makan akan berubah dari cut through menjadi store n
forward setelah error berkurang akan kembali lagi
Perbedaan
Waktu error checking
Store n forward store n forward
Fragment free fragment free
Cut through cut through
Microsegmentasi : 1 port 1 host
Unicast : hanya 1 yang dikomunikasikan dan diproses
Broadcast : ke semua dan diproses
Multicast : ada 2 dikomunikasikan namun hanya 1 yang diproses.
Jaringan Komputer 13
Chapter 5
Dalam mendesign LAN kita harus memperhatikan aspek : Fungsional, Skalability,
Adapsi dan Manajemen, fungsi dan penempatan pada server seperti enterprise yang
melayani hamper semua user dalam organisasi ex : mail, DNS , dll, (MDF) dan
Workgroup : yang melayani dari user dalam 1 organisasi (IDF).
Metodelogi dalam design bertujuan untuk melihat kebutuhannya user dan
ekspetasinya, analisa kebutuhan data, mendesign strukturnya dan membuat
dokumentasi.
MDF terdapat Horizontantal Cross Connect (untuk user) dan Vertical Cross Connect
(untuk backbone)
Perancangan NT dengan system hirarki :
1. access layer : paling dekat dengan hirarki
2. distribution layer : policy terhadap traffic
3. core layer : high speed switching, tidak ada policy terhadap data
VLAN : berupa suatu software dari device switch yang berfungsi untuk
mengelompokan user berdasarkan fungsional, 1 broacast domain (1 VLAN) dan antar
VLAN dapat terkoneksi dengan router
Jaringan Komputer 14
Chapter 6
Setting Switch
Switch#show flash
Config.txt start up config
Vlan.dat isi info tentang vlan switch
Untuk menghapusnya ;
Switch# delete flash : vlan.dat
Switch# delete flash : config.txt atau erase startup configuration
Switch#reload
Switch# show mac-address-table
Setting security, misalnya hanya MAC address tertentu
Switch(config)# mac-address-table static 0010.7a60.1884 interface fast Ethernet 0/5
vlan 100
Switch(config)#show mac-address-table aging setiap 30 detik akan merefresh mac
tablenya (default)
Switch(config)# mac-address-tabl aging-time 0 disable aging nilanya 0 – 1000000s
Untuk mengganti IOS Switch ;
Switch# erase flash seluruh file pada switch akan dihapus
Switch# archive tar/xtract tftp// 10.21.22.200/namafile.tar
Mengganti password recovery pada switch
1. cabut kabel power switch
2. sambungkan kabel power switch sambil menekan tombol mode
3. tunggu sampai lapu system menjadi oranye
4. ketikan : switch# flash_init untuk inisialisasi flash
5. rename file konfigurasi switch#rename flash: config.text flash : config.old
6. ketik pada switch#boot
7. masuk ke switch seperti biasa dan jawab ‘NO’ pada setiap mode
8. masuk ke privileged mode
9. rename flash : config.old flash : config.text
10. copy flash : config.text start-up configuration
11. copy run start
12. ganti password (secret, enable, telnet)
13. copy run start
Jaringan Komputer 15
Chapter 7
Spanning Tree Protocol
Tahapan STP ; pilih root bridgenya, root portnya dan designed portnya
Contoh kasus STP dengan memilih Root Bridge :
SwithA#show spanning-tree untuk melihar konfigurasi root id dan bridge id,
interface dan priority
SwitchA#config t
SwitchA(config)#spanning-tree vlan 1 priority 4096
SwitchA(config)#show spanning-tree untuk melihar perubahan pada root id
SwitchA(config)#show running-config
SwitchA(config)# show spanning-tree
Jaringan Komputer 16
Chapter 8
Kasus VLAN
Setelah start up Switch, maka pilih ‘ K ‘ untuk konfigurasi dengan menggunakan
command line sedangka ‘ M ‘ untuk masuk ke menu step by step.
Switch> en
Switch> config t
Switch(config)# hostname swithA
SwithA(config)#vlan database
SwithA(vlan)# vlan 2 name VLAN2
SwithA(vlan)# vlan 3 name VLAN3
SwithA(vlan)# exit
SwithA# show vlan untuk melihat vlan yang telah dibuat
Switch#config t
SwitchA(config)#enable secret cisco
SwitchA(config)#line console 0
SwitchA(config-line)#password cisco
SwitchA(config-line)#login
SwitchA(config-line)#exit
SwitchA(config)#line vty 0 15
SwitchA(config-line)#password cisco
SwitchA(config-line)#login
SwitchA(config-line)#exit
SwitchA(config)#interface vlan 1
SwitchA(config-if)#ip address 192.168.1.2 255.255.255.0
SwitchA(config-if)#exit
SwitchA(config)#ip default gateway 192.168.1.1
Jaringan Komputer 17
SwithA# config t
SwithA(config)# int fa 0/1 memasukkan port 0/1 ke dalam group vlan 2
SwithA(config)# switchport mode access
SwithA(config)# switchport access vlan 2
SwithA(config)# end
SwithA# config t
SwithA(config)# int fa 0/4 memasukkan port 0/4 ke dalam group vlan 2
SwithA(config)# switchport mode access
SwithA(config)# switchport access vlan 2
SwithA(config)# end
SwitchA# show vlan id 2 melihat status pada config vlan 2
kelompok
Sri Wijayanti
Anum Gizzela Sugiarto
Guntur Febrianto Wibowo
Rochmad Indrianto
0 komentar:
Posting Komentar